5 Tips Memilih Tas Gunung (Carrier)

Tips Memilih Tas Gunung

Mendaki gunung menjadi kegiatan yang populer belakangan ini, sehingga banyak orang yang membutuhkan tips memilih tas gunung yang tepat untuk mendukung kegiatannya ini. Tas gunung atau disebut juga carrier berbeda dengan tas ransel biasa. Tas ini menyediakan tempat yang besar sehingga muat untuk dimasukkan banyak alat perlengkapan sekaligus.

Tas gunung juga memiliki ukuran, fungsi, dan harga bervariasi. Hal ini membuat beberapa orang menjadi bingung menentukan jenis tas yang mana yang harus dibelinya. Nah, berdasarkan permasalahan itu, berikut ini akan disajikan tips dalam memilih tas gunung yang dapat Anda perhatikan sebelum berbelanja.

Tips Memilih Tas Gunung untuk Para Pemula

Ukuran Tas

Ukuran tas yang kita pilih akan sangat berpengaruh pada waktu penggunaannya. Tas gunung (carrier) memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari 10 liter hingga 100 liter. Semakin besar ukuran tasnya, akan semakin membutuhkan kekuatan fisik yang besar untuk menggendongnya.

Tips Memilih Tas Gunung

Ukuran tas sebaiknya disesuaikan dengan lamanya waktu yang dibutuhkan dalam pendakian. Semakin lama waktu pendakian berarti barang yang dibawa pun akan semakin banyak sehingga tas yang digunakan akan jauh lebih besar ukurannya. Jadi, sesuaikan ukuran tas dengan waktu yang akan dibutuhkan saat mendaki.

Tas yang kapasitasnya 30-50 liter akan cocok digunakan untuk pendakian 1-2 hari. Tas ini mampu menampung pakaian, makanan, dan air minum di dalamnya. Untuk ukuran 50 liter wajib Anda gunakan ketika ingin mendaki 2 hari saat sedang musim hujan. Tas dengan ukuran ini dapat membawa barang lain sebagai antisipasi jika kehujanan, seperti baju cadangan dan jaket tambahan.

Tas dengan ukuran 50-80 liter dapat Anda gunakan untuk pendakian 3-5 hari. Pendakian selama itu tentu membutuhkan perlengkapan tambahan lain yang lebih banyak, seperti tenda, matras, alat masak, obat-obatan, dan sleeping bag. Sementara itu, jika Anda ingin melakukan pendakian yang membutuhkan waktu lebih lama lagi gunakanlah tas berukuran 100 liter. Namun, ukuran ini jarang digunakan oleh para pendaki biasa yang tidak memiliki tujuan penting, seperti penjelajahan hutan dan sebagainya.

Proporsi Tubuh

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah kecocokan tas dengan jenis kelamin dan proporsi tubuh Anda. Setiap tas telah dibuat dengan penyesuaian postur tubuh masing-masing jenis kelamin. Jika Anda perempuan sebaiknya gunakanlah tas yang berlabel women series agar lebih nyaman untuk dipakai.

Proporsi tubuh juga perlu dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih tas gunung. Panjang punggung 41-56 cm cocok menggunakan ukuran S, M untuk 56-51 cm, dan ukuran L untuk panjang punggung di atas 51 cm. Jangan sampai Anda memilih tas yang panjangnya melebihi panjang punggung. Oleh karena itu, sebaiknya cobalah terlebih dahulu menggendong tas sebelum memutuskan membelinya.

Baca Juga: Tips Memilih Sepatu Gunung Untuk Pendaki Pemula

Tas Multifitur

Sebuah tas gunung (carrier) sebaiknya memiliki berbagai fitur yang mendukung banyaknya fungsi yang akan didapatkan penggunanya. Selain untuk kenyamanan fitur-fitur tersebut juga dapat memberi keamanan yang lebih. Adapun beberapa fitur yang harus dimiliki tas gunung ialah sebagai berikut.

  • Banyak kantong agar lebih mudah dalam mengambil berbagai barang tanpa perlu repot mengeluarkan seluruh isi tas terlebih dahulu.
  • Raincover berguna untuk melindungi tas dari hujan. Sebaiknya belilah tas yang sudah memiliki raincover di dalamnya sehingga lebih hemat. Akan tetapi, lebih baik lagi bila rain cover dapat dilepas dari tasnya agar bisa digunakan untuk hal lainnya. Untuk Anda yang memiliki dana lebih, belilah tas yang juga memiliki bahan waterproof selain adanya raincover. Dengan demikian, tas dan barang bawaan mendapat perlindungan ganda.
  • Tali pinggang, dada, dan bahu juga menjadi hal penting untuk tas gunung. Tali bahu sebaiknya dapat dihubungkan ke bagian atas ransel dan memiliki bantalan empuk, tetapi tidak kempes. Tali dada akan menghubungkan bantalan bahu itu agar tetap pada posisinya. Sementara tali pinggang harus dipilih yang empuk dan nyaman karena beban sebagian besar ditopang di sana.
  • Rangka punggung berupa plat besi maupun bantalan punggung berfungsi sebagai penopang berat beban yang kita bawa agar badan tidak cepat lelah ketika menggendong tas. Hal ini disebabkan tas yang tidak memiliki rangka punggung akan membuat beban seluruhnya tertumpu pada bahu. Pastikan juga ada bantalan punggung yang empuk dan mampu menyerap keringat.

Merek Berkualitas

Ada beberapa merek tas gunung (carrier) yang sudah terkenal di kalangan pendaki. Walaupun harganya cukup mahal, kualitasnya telah teruji baik. Tas yang berkualitas akan lebih mampu menjaga keselamatan dan keamanan barang bawaan Anda. Selain itu, tasnya pun akan lebih awet dan kuat dipakai untuk waktu yang lama. Contoh merek tas gunung yang telah teruji kualitasnya di antaranya, Deuter, Eiger, Consina, dan lain-lain.

Desain Idaman

Hal yang tak kalah penting tentunya pilihlah tas sesuai selera Anda. Baik dari segi bentuk, warna, aksesori tambahan (misal, peluit dan kompas) pilihlah sesuai keinginan Anda. Seiring dengan melonjaknya peminat naik gunung, tas yang ditawarkan pun semakin bervariasi. Jadi, pilihlah tas yang sesuai dengan keinginan Anda agar lebih senang, nyaman, dan bergaya saat memakainya.

Tas merupakan salah satu perlengkapan penting yang digunakan pendaki untuk membawa perlengkapannya. Banyaknya barang yang dibawa dan lamanya waktu yang harus ditempuh membuat pendaki memerlukan tas yang sesuai. Pemilihan tas yang tepat untuk digunakan akan mempengaruhi kenyamanan, keselamatan, dan keamanan pendaki beserta perlengkapannya. Oleh karena itu, ikutilah 5 tips memilih tas gunung (carrier) di atas untuk memudahkan dan melancarkan pendakianmu, ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *