Pengertian Router dan Penjelasannya

pengertian router dan penjelasannya

Pengertian Router dan Penjelasannya – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai macam-macam jaringan komputer, kali ini kita akan membahas salah satu perangkat jarinagan komputer, yaitu router. Router adalah perangkat keras yang dirancang untuk menerima, menganalisis, dan memindahkan paket masuk ke jaringan lain.

Router juga dapat digunakan untuk mengonversi paket jaringan lainnya, menghapus, dan melakukan tindakan lain yang berkaitan dengan jaringan.

Kemampuan Router

Router memiliki lebih banyak keunggulan daripada perangkat jaringan lainnya, misalnya seperti hub atau switch yang hanya bisa menjalankan fungsi jaringan dasar saja.

Sebagai contoh, hub dapat mentransfer data antar komputer ataupun perangkat jaringan, akan tetapi hub tidak dapat menganalisis atau melakukan apa pun dengan data yang ditransfer.

Sebaliknya, router bisa menganalisis data yang dikirim melalui jaringan, lalu mengubah data paket, dan mengirimkannya lagi ke jaringan lain atau melalui jaringan yang berbeda.

Jenis-Jenis Router

jangkauan router

Router Nirkabel (Wi-Fi)

Router nirkabel menyediakan akses Wi-Fi ke smartphone, laptop, dan perangkat lain dengan kemampuan jaringan Wi-Fi.

Router nirkabel biasanya juga menyediakan port Ethernet standar untuk sejumlah kecil yang digunakan untuk perangkat jaringan kabel.

Beberapa router Wi-Fi dapat bertindak sebagai router kombinasi dan modem, mengubah sinyal broadband yang masuk dari ISP Anda.

Brouter

Brouter atau bridge router adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai jembatan dan router.

Core Router

Core router adalah router di jaringan komputer yang merutekan data dalam jaringan, tetapi tidak antar jaringan.

Edge Router

Edge router merupakan router khusus yang letaknya berada di tepi atau batas jaringan.

Virtual Router

Virtual router adalah router cadangan yang digunakan dalam penyiapan VRRP.

Seberapa Jauh Jangkauan Router?

jangkauan router jaringan

Jangkauan umum untuk router nirkabel atau wifi adalah sekitar 45 meter saat koneksi di dalam ruangan dan hingga 90 meter di luar ruangan.

Meski begitu, penghalang seperti dinding dan benda lainnya dapat menghambat atau mengurangi jarak jangkauan dalam ruangan hingga 75% dari jarak maksimum.

Manfaat Router

Ada begitu banyak manfaat dari sebuah router  yang diberikan, di antaranya sebagai berikut:

  • Keamanan: Router memberikan keamanan, karena LAN bekerja dalam mode siaran. Informasi tersebut ditransmisikan melalui jaringan dan melintasi seluruh sistem kabel. Meskipun data tersedia untuk setiap stasiun, tetapi stasiun yang dituju secara khusus membaca data tersebut.
  • Peningkatan kinerja: Router dapat meningkatkan kinerja dalam jaringan. Misalnya, jika jaringan memiliki 14 workstation, dan semuanya menghasilkan volume lalu lintas yang kira-kira sama. Lalu lintas 14 workstation berjalan melalui kabel yang sama dalam satu jaringan. Tetapi jika jaringan dibagi menjadi dua sub-jaringan masing-masing dengan 7 workstation, maka beban lalu lintas dikurangi menjadi setengahnya. Karena setiap jaringan memiliki server dan hard disknya sendiri, maka lebih sedikit PC yang membutuhkan sistem kabel jaringan.
  • Jangkauan Jaringan: Dalam jaringan, kabel digunakan untuk menghubungkan perangkat, tetapi panjangnya tidak boleh melebihi 1000 meter. Router dapat mengatasi batasan ini dengan menjalankan fungsi repeater. Jangkauan fisik dapat sesuai dengan kebutuhan instalasi tertentu, selama router dipasang sebelum melebihi jangkauan kabel maksimum.

Itu tadi pengertian router dan penjelasan lengkapnya. Untuk selanjutnya kita masih akan membahas seputar jaringan, seperti topologi jaringan, perangkat jaringan komputer dan juga jenis-jenis kabel yang digunakan dalam pembuatan jaringan komputer. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *