Inilah Manfaat Kacang Kacangan yang Wajib Diketahui

Manfaat Kacang Kacangan

Ada banyak manfaat kacang kacangan bagi tubuh sehingga sumber makanan ini penting untuk dikonsumsi. Untuk bisa mendapatkan kacang-kacangan sangatlah mudah karena dapat dijumpai di manapun.

Karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, banyak sekali para ahli gizi yang menyarankan setiap orang untuk mengonsumsi kacang-kacangan sehingga kebutuhan nutrisi tubuh bisa terpenuhi.

Meskipun bentuk dan ukurannya kecil, kacang-kacangan merupakan sumber makanan yang diibaratkan seperti pabrik yang bisa menyimpan lalu mendistribusikan gizi yang sangat besar bagi tubuh.

Adapun kandungan nutrisi yang sangat baik pada kacang-kacangan adalah kadar protein dan serat yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan energi saat beraktivitas dan berperan dalam pembentukan otot. Jenis kacang-kacangan juga memiliki kandungan kolesterol yang rendah dan bebas lemak jenuh sehingga sangat aman dikonsumsi.

Pentingnya Mengonsumsi Kacang Kacangan Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Kacangan

Banyak orang yang minat mengkonsumsi kacang-kacangan karena rasanya yang lezat dan gurih. Namun demikian, selain memiliki rasa yang gurih, kacang-kacangan memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh, sehingga menjadi salah satu sumber bahan makanan yang penting. Berikut ini yang merupakan beberapa manfaat kacang-kacangan bagi tubuh yang wajib diketahui.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Supaya terhindar dari penyakit kanker, maka penting untuk mengonsumsi kacang-kacangan sehingga kesehatan tubuh akan terlindungi. Dalam penelitian yang dilakukan, menyatakan bahwa bakteri yang memakan serat pada kacang dapat menghasilkan senyawa yang mampu melindungi sel pada usus besar dari penyakit kanker. Makanan kacang-kacangan pun memiliki kandungan senyawa foto kimia yang memiliki khasiat sebagai anti kanker.

2. Mencegah Risiko Stroke

Selain sebagai antikanker, ternyata bahan makanan jenis kacang-kacangan juga mampu membantu mencegah risiko stroke. Dalam jenis kacang tanah terdapat kandungan resveratrol dan antioksidan yang dapat meningkatkan oksida nitrat yang mencegah risiko stroke. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan mangan, kalium, magnesium, tembaga, zat besi, kalsium, seng, dan selenium, serta mineral lainnya yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

3. Meningkatkan Kesuburan

Dengan mengonsumsi kacang-kacangan ternyata bisa membantu untuk meningkatkan fertilitas bagi pasangan yang sedang dalam program merencanakan kehamilan. Sangat disarankan bagi pasangan untuk setidaknya mengonsumsi jenis kacang tanah 100 gram per hari. Di dalam kacang-kacangan juga terdapat kandungan asam folat yang dapat membantu mendukung perkembangan saraf dan otak janin yang ada dalam kandungan.

4. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Ada banyak sekali jenis kacang-kacangan yang dapat mengurangi risiko batu empedu pada tubuh. Selain itu, jenis kacang tanah dalam bentuk apapun juga mampu mencegah terjadinya infeksi pada hati dan kantung empedu hingga 50 persen. Oleh karena itu, bahan makanan ini menjadi sangat penting untuk dikonsumsi.

5. Mengurangi Gula Darah

Banyak orang yang mempunyai masalah pada gula darah, yang ternyata dapat menyebabkan penyakit diabetes. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka perlu mengonsumsi jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan nutrisi untuk meminimalisir kadar gula darah pada tubuh. Dalam berbagai jenis kacang-kacangan terdapat kandungan mangan yang dapat menyerap kelebihan glukosa dan kalsium yang berpengaruh pada gula darah.

6. Membantu Menurunkan Kolesterol

Salah satu permasalahan yang dialami oleh banyak orang, khususnya para lansia, adalah kolesterol. Perlu diketahui bahwa berbagai jenis kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dibuktikan dalam penelitian dapat menurunkan kandungan kolesterol pada tubuh. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan, maka mampu membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner yang disebabkan karena kolesterol yang terlalu tinggi.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kacang-kacangan selanjutnya yaitu membantu untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat terutama kalangan lansia. Dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan, maka setidaknya dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung karena terdapat kandungan asam folat. Senyawa ini dipercaya dapat mengurangi risiko kardiovaskular yang memicu terjadinya jantung koroner. Jika ingin mendapatkan khasiat dari kacang-kacangan secara utuh, maka usahakan untuk tidak menggorengnya. Oleh karenanya, cara terbaik untuk mengonsumsi jenis kacang-kacangan yaitu dengan cara direbus.

8. Meningkatkan Memori Otak

Siapa sangka bahwa jenis kacang-kacangan mampu meningkatkan memori otak. Hal ini Tentunya dikarenakan terdapat kandungan resveratrol dan niacin pada kacang tanah yang membantu melancarkan peredaran darah menuju otak sehingga ingatan menjadi lebih kuat. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan jika mampu membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi saat mengerjakan aktivitas, terutama aktivitas yang membutuhkan olah otak dan pikiran. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan juga mampu membantu mengatasi gangguan tidur, sehingga bisa merasakan tidur lelap dan nyenyak.

9. Mencegah Penuaan Dini

Ternyata mengkonsumsi kacang-kacangan juga berikan manfaat untuk kecantikan, yakni mampu mencegah penuaan dini. Di dalam kacang-kacangan terdapat molekul antiviral resveratrol yang cukup tinggi yang dapat melawan penuaan. Senyawa yang sama ditemukan pada anggur merah yang ternyata memiliki banyak khasiat. Kandungan molekul ini juga berfungsi untuk menurunkan produksi radikal bebas serta meminimalisir kerusakan kulit akibat sinar matahari. Resveratrol juga bisa meminimalisir pertumbuhan dan perkembangan kanker dan tumor kulit.

10. Mencegah Keriput

Manfaat kacang-kacangan bagi kecantikan yang selanjutnya yaitu mampu mencegah keriput. Banyak perempuan yang mengonsumsi makanan jenis kacang-kacangan karena ternyata memiliki khasiat yang besar bagi kecantikan. Keriput menjadi salah satu masalah utama yang sering dihadapi oleh perempuan usia 30-an, karena sangat mengganggu penampilan. Oleh karenanya, vitamin E pada kacang-kacangan mampu membantu meminimalisir kerutan dan garis pada kulit. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin B dan riboflavin yang bisa membantu menjadikan kulit terlihat lebih bersinar.

Itulah beberapa manfaat kacang kacangan yang sangat baik bagi tubuh. Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang ada, sehingga bisa memilih mengonsumsi jenis manapun yang sesuai dengan tujuan kesehatan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *