6 Pilihan Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Makanan yang harus dibawa saat mendaki sebaiknya mengandung nutrisi yang baik agar memberikan energi yang cukup selama melakukan pendakian. Mendaki menjadi salah satu olah raga yang semakin diminati, khususnya oleh kawula muda. Namun, mendaki bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena sebelum keberangkatan, pendaki harus mempersiapkan keperluannya secara matang.

MEMILIH MAKANAN YANG HARUS DIBAWA SAAT MENDAKI

Kebanyakan pendaki memilih membawa makanan instan yang tahan lama agar lebih awet dan tidak merepotkan. Padahal, tubuh membutuhkan olahan makanan yang sehat untuk menjaga stamina saat mendaki.

Memilih makanan yang tepat merupakan salah satu persiapan penting. Seringkali terjadi kasus pendaki mengalami hipotermia karena kelelahan dan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Maka dari itu, kita perlu memilih makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh saat mendaki. Berikut beberapa cara untuk memilih makanan yang bisa dibawa saat mendaki :

Mengandung Gizi yang Cukup Untuk Menambah Energi

Makanan yang mengandung gizi cukup akan menjaga stamina dan energi yang dibutuhkan saat mendaki. Seperti yang kita ketahui, bahwa mendaki adalah olah raga yang menguras stamina lebih, sehingga tubuh juga menuntut asupan yang lebih pula.

Makanan bergizi juga membantu kita untuk tidak mudah drop saat mendaki, terlebih jika pendakiannya membutuhkan waktu berhari-hari.

Muat di Carrier

Saat mendaki, kita tidak bisa membawa banyak persediaan agar tidak merepotkan saat proses pendakian, terutama ketika tujuan mendaki kita adalah sampai ke puncak. Maka dari itu, perlu bagi kita memperhitungkan barang bawaan agar tidak memberatkan Carrier, termasuk persediaan logistik.  

Mudah diolah

Pengolahan makanan yang mudah akan membuat waktu mendaki kita menjadi lebih efisien. Selain itu, kita juga harus melihat bahan-bahan yang menunjang dalam proses pengolahan makanan, pastikan bahwa bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Penjelasan di atas adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh pendaki untuk membawa makanan pilihan yang tepat. Lalu, makanan apa saja yang bisa kita bawa saat mendaki?

Baca Juga: Pesona Gunung dengan Sunrise Terbaik di Indonesia

6 MENU PILIHAN SAAT MENDAKI

Makanan yang Harus Dibawa Saat Mendaki

Berikut 6 menu pilihan makanan yang bisa menjadi santapan lezat sekaligus bergizi saat berada di pegunungan :

Umbi-umbian

Kentang, ubi, dan singkong merupakan menu umbi-umbian yang bisa dibawa saat mendaki. Makanan yang mengandung kalori tinggi dapat memberikan energi yang cukup untuk memulihkan tenaga. Selain itu, umbi-umbian juga praktis dan mudah diolah, yaitu dengan cara direbus, digoreng, atau bahkan dibakar di api unggun.

Membakar umbi di api unggun  adalah pilihan yang tepat sambil menikmati suasana malam di pegunungan. Sambil menghangatkan tubuh, membakar ubi, lalu menyantapnya adalah moment paling nyaman untuk dinikmati.

Coklat

Kandungan phenethylamine dalam coklat menghasilkan hormon endorfin. Hormon endorphin dapat membuat kita merasa bahagia, enjoy, sehingga dapat menjaga mood kita saat mendaki. Selain itu, kalori dalam coklat, kurang lebih 100 gram bisa menambah energi kita dengan baik.

Mengkonsumsi coklat dengan kandungan-kandungan yang ada membuat pendaki kenyang lebih lama. Kemasannya yang praktis, tidak perlu dimasukkan ke carrier, cukup dimasukkan ke dalam kantong jaket atau celana, sehingga bisa dikonsumsi dimana saja dan kapan saja.

Roti Gandum

Roti tawar yang terbuat dari biji gandum memiliki kandungan yang tinggi protein, Vitamin B, zat besi, antioksidan, dan karbohidrat. Protein tinggi dan karbohidrat sebagai sumber energi yang kita butuhkan saat mendaki.

Dengan tekstur lebih kasar, lebih tawar, dan berwarna cokelat, membedakan roti ini dengan roti-roti tawar pada umumnya. Sehingga, roti ini disebut-sebut lebih bernutrisi dari roti tawar lainnya. Roti gandum juga mengandung serat, sehingga membuat pendaki kenyang lebih lama atau tidak mudah lapar.

Oatmeal

Makanan yang memiliki kandungan gizi vitamin B kompleks dan serat pangan yang baik bagi tubuh ini merupakan salah satu jenis makanan yang selain bergizi juga praktis dibawa saat mendaki.

Kemasannya beragam, biasanya pendaki membawa jenis oatmeal sachet karena lebih ringkas, sehingga tidak terlalu memenuhi carrier. Kandungan dalam oatmeal sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung, sehingga dapat membantu pendaki menjaga kesehatan secara optimal saat berada di alam bebas.

Untuk membuat sajian oatmeal lebih lezat, pendaki bisa menambahkannya dengan aneka macam topping, seperti apricot, kurma, keju, atau kismis kering. Oatmeal sangat recommended untuk dibawa saat mendaki, karena selain bergizi, makanan ini sangat praktis, baik saat dibawa maupun saat diolah.

Sosis

Sosis adalah makanan yang kaya akan protein, sehingga dapat memperkuat stamina dan menambah energi saat mendaki. Sosis juga sangat praktis saat dibawa, pastikan membawa sosis yang sudah matang agar bisa bertahan lebih lama.

Jika pendaki hanya melakukan pendakian 1 hari 1 malam, bisa membawa sosis mentah yang bisa dipanggang bersama api unggun saat malam hari. Selain bergizi, sosis juga memiliki rasa yang lezat.

Abon

Abon dapat difungsikan sebagai pengganti telur atau daging yang mudah pecah dan basi untuk dibawa saat pendakian. Abon memiliki kandungan sumber protein dan karbohidrat sehingga dapat menambah energi, sama seperti beberapa menu pilihan yang telah disebutkan di atas.

Kemasan abon juga ringan, praktis, dan tidak perlu pengolahan khusus, cukup mengkonsumsinya melalui kemasan dan rasanya juga sangat lezat. Bagi pendaki yang kurang menyukai roti atau sosis, abon bisa menjadi solusi untuk pilihan makanan yang harus dibawa saat mendaki.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *