Keterampilan Manajerial yang Harus Dikuasai

Seorang manajer harus memiliki kemampuan atau keterampilan manajerial agar dapat melaksanakan tugas secara lebih baik. Keterampilan sendiri merupakan kemampuan yang dimiliki oleh sesorang dalam memenuhi tugasnya atas dasar kompetensi, dimana nantinya hasilnya dapat diamati. Semua orang memiliki keterampilannya masing-masing, bagi seorang manajer memiliki keterampilan lebih itu sangat penting.

Secara umum, keterampilan manajerial adalah kemampuan seseorang dalam mengatur, mengelola sumber daya organisasi atau perusahaan atas dasar kompetensi dalam mencapai visi misi dan juga tujuan yang telah ditentukan. Seperti yang diketahu, jika manajer terbagi atas tiga bagian yakni manager lini petama, menengah dan manajer puncak atau top manager.

keterampilan manajerial

Setiap tingkatan manajer memiliki keterampilan yang berbeda. Seperti contoh, pada manajer operasional lebih banyak memaksimalkan kemampuan di lapangan, bertamu dengan karyawan dan lebih mengenal tentang segala kegiatan operasional. Hal ini berbada dengan manajer puncak yang lebih fokus pada perumusan strategi perusahaan, bertemu dengan klien dan mengadakan berbagai rapat.

Keterampilan Manajerial

Berikut ini keterampilan manajerial yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Keterampilan Konseptual

Keterampilan konseptual merupakan kemampuan manajer dalam mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan perusahaan dan juga berbagai kepentingan perusahaan. Dalam keterampilan ini, manajer harus melihat organisasi dari berbagai sisi secara keseluruhan. Tidak hanya melihat tetapi juga memahami seluruh bagian perusahaan.

Menganalisis serta menginterpretasikan informasi yang masuk dari berbagai sumber terpercaya.

  • Keterampilan Manajemen Waktu

Keterampilan ini berkaitan dengan pengaturan waktu yang benar-benar produktif. Dalam melakukan pekerjaan, atau proyek, waktu itu sangat berharga. Pengaturan waktu yang tepat akan cukup berpengaruh pada tingkat produktifitas. Begitu sebaliknya jika bermalas-malasan bahkan tidak mengatur waktu dengan sebaik-baiknya akan berakibat pada pemborosan dan tingginya biaya produktifitas.

  • Keterampilan Memecahkan Masalah atau Pengembalian Keputusan

Keterampilan ini diawali dengan kemampuan mendefinisikan suatu masalah. Mencari beberapa solusi dan menyeleksi solusi-solusi tersebut mana yang lebih baik untuk diambil sebuah keputusan. Sebelum mengambil keputusan, selain mengidentifikasikan masalah, tahap selanjutnya adalah mengumpulkan bukti dan identifikasi alternatif solusi.

Selanjutnya adalah pengevaluasian dan seleksi beberapa solusi untuk diambil yang terbaik. Tahapan yang terakhir adalah pengimplementasian terhadap masalah yang dihadapi secara periodik hingga bekerja secara efektif solusi tersebut.

  • Keterampilan Mediagnosis

Yang menarik dari seorang manajer adalah, bagaimana memecahkan sebuah masalah sampai dengan akar permsalahannya. Manajer biasanya diminta untuk mengidentifikasi sebuah masalah kemudian mengimplementasinya pada sebuah kasus hingga dengan pengambilan tindakan yang tepat. Oleh karena itu, diagnosis skill ini harus diimbangi dengan keterampilan lain.

Seperti keterampilan konseptual, politis, teknis dan sumber daya manusia atau kemanusiaan. Hal tersebut dilakukan agar tidak salah pilih dalam mengambil langkah.

  • Keterampilan Teknis

Keterampilan manajerial yang tidak kalah penting adalah keterampilan teknis. Keterampilan ini mengharuskan manajer untuk mampu menggunakan peralatan perusahaan dan juga menguasai teknik atau prosedur dari suatu bidang seperti permesinan, akuntansi, sumber daya manusia atau karyawan, operasioal dan lain sebagainya.

  • Keterampilan Politis

Keterampilan ini menyagkut tentang kemampuan dalam memperoleh kekuasaan untuk mencapai tujuan. Kemampuan lain yang harus dimiliki dalam keterampilan ini yakni mampu menciptakan kerjasama yang baik  dan tepat dengan pihak lain. Bagi manajerial menengah, skill yang satu ini sangat dibutuhkan untuk meningkat menjadi manajer puncak.

  • Keterampilan Administratif

Keterampilan ini mencakup kemampuan dalam hal kebijaksanaan serta prosedur dalam mengelola anggaran yang terbatas dan lain sebagainya. Sesuai fungsinya, manajer harus mampu dalam hal perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengawasan dan kepegawaian.

  • Keterampilan SDM atau Kemanusiaan

Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal merupakan faktor yang penting dalam kemajuan perusahaan. Begitu juga dengan seorang manajer. Kemampuan untuk bekerja secara maksimal yakni mampu memahami dan memotivasi orang lain baik secara individu atau kelompok. Manajer harus bisa bekerja dengan memimpin tim dengan cara mengarahkannya dalam mencapai tujuan.

  • Jiwa Kepemimpinan

Manajer adalah seorang pemimpin. Jiwa kepemimpinan bagi seorang manajer itu penting sehingga bisa memotivasi dan mendorong timnya dengan penuh semangat dan energi positif. Berani mengambil resiko dan bersedia terlibat serta bertanggung jawab dalam penyelesaian sebuah masalah.

  • Memiliki Startegi Manajemen

Strategi manajemen yang baik, efektif dan efisien akan sangat memudahkan dalam upaya meningkatkan kualitas perusahaan. Managjer harus mampu menuangkan ide-ide terbaik yang diimplementasikan ke dalam strategi manajemen. Strtaegi itu dimulai dari tahap perencanaan sampai tahap akhir.

  • Inovatif

Keterampilan manajerial yang harus ada dalam diri seorang manajer adalah inovatif. Pesatnya persaingan yang begitu hebat membuat perusahaan harus dapat memberikan yang terbaik. Maka dari itu seorang manajer harus dapat memiliki sikap inovatif dan kreatif atas produk atau jasa perusahaan agar tetap terbaru dan semakin meningkat serta unik.

  • Reputasi yang Baik

Dalam pemasaran, reputasi merupakan modal yang besar agar citra perusahaan dapat bertahan bahkan lebih baik. Dengan reputasi yang baik kepercayaan konsumen terhadap perusahaan akan selalu melekat. Reputasi yang baik dari seorang manajer akan berpengaruh juga terhadap reputasi brandnya itu sendiri.

  • Kecerdasan Emosi

Manajer tidak hanya bertemu dengan pihak internal saja tetapi juga pihak ekternal atau rekan bisnis lainnya. Oleh karena itu, kemampuan ini harus dimiliki agar dengan mudah mampu membaca berbagai sifat manusia yang dihadapinya. Dengan kecerdasan emosi yang baik akan mampu mengambil langkah dan merespon berbagai sifat manusia secara tenang dan dengan kepala dingin.

  • Komunikatif

Komunikatif merupakan kemampuan seseorang dalam berbicara atau menuturkan bahasa yang baik dan benar, dimana secara sosial dapat diterima oleh masyarakat. Sebagai seorang pemimpin, manajer harus mampu berkomunikasi dan memiliki public speaking yang baik dengan siapapun. Dengan komunikasi yang baik kemungkinan besar dapat memberikan arahan dan juga negosiasi yang efektif.

Demikian itu keterampilan manajerial yang harus dimiliki oleh manajer. Poin pentingnya adalah dapat membaca berbagai situasi dan mampu mengatasi masalah, merancang strategi secara baik. Tidak hanya itu tetapi juga mampu mengambil langkah atau keputusan yang benar dan tidak merugikan organisasi atau perusahaan.

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, selain keterampilan manajerial, sarana manajemen juga perlu ditekankan. Ada 7 sarana manajemen diantaranya adalah Men, Money, Material, Machine, Methode, Market, Information. Untuk lebih memudahkan dalam mengingat, 7 elemen tersebut dapat disingkat dengan 6M+1I.

Men (Manusia). Elemen yang paling penting adalah manusia dalam hal ini adalah sumber daya manusia yang melakukan kegiatan dan produksi untuk mencapai tujuan perusahan. Tidak lupan dengan money atau uang dimana keuangan merupakan roda yang menggerakan perusahaan. Material ini berupa bahan baku yang akan diolah sedangkan machine merupakan alat yang digunakan untuk proses pengelolahan.

Semua itu tidak akan berjalan tanpa adanya methode atau tata kerja, market sebagai kegiatan pemasaran atas produksi perusahaan. Yang terakhir adalah informasi. Arus informasi inilah yang akan membawa perusahaan terus mengikuti perkembangan zaman.

You might like

About the Author: Anggit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *