10 Jenis Kacang yang Terkenal dari Indonesia

Jenis Kacang

Indonesia merupakan negara tropis yang terkenal akan tanah yang subur. Tak jarang jika Indonesia disebut sebagai paru – paru dunia karena tanaman dan pepohonan yang dapat tumbuh dengan subur. Hal ini ditunjang oleh letak Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa.

Garis tersebutlah yang membuat tanah Indonesia menjadi tempat yang cocok untuk ditumbuhi dan ditanami segala jenis tumbuh – tumbuhan. Mulai dari tanaman pertanian, perkebunan, hingga tanaman liar tumbuh secara subur.

Banyak jenis tumbuhan yang dapat tumbuh di Indonesia, salah satunya adalah kacang – kacangan. Jenis kacang – kacangan yang tumbuh dan beredar di pasar Indonesia sangat beragam. Lalu apakah kalian sudah mengenal kacang – kacangan yang berasal dari Indonesia ? Jika belum mari kita simak artikel berikut ini.

Jenis Kacang

Kacang merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki sumber protein dan serat yang baik bagi tubuh. Kedua hal ini sangat dibutuhkan dan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jenis Kacang

Biasanya kacang bisa dikonsumsi secara langsung, atau menjadi bahan masakan. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis kacang yang jumlahnya tak terhitung. Akan tetapi dalam artikel ini akan disebutkan ada 10 kacang – kacangan yang populer di Indonesia dan biasa digunakan serta dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Ada kacang kedelai, kacang tanah, kacang mete, kacang hijau, kacang merah, kacang kenari, kacang tolo, kemiri, kacang mete, kacang polong dan kacang koro. Untuk lebih jelasnya mari kita hal di bawah ini.

Kacang Kedelai

Apakah kalian pernah memakan tahu dan tempe? Jika iya kedua makanan tersebut terbuat dari bahan dasar kacang kedelai. Tahu dan tempe memang sudah menjadi makanan yang lazim di konsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu, kacang kedelai juga biasa diolah menjadi susu sebagai pengganti susu sapi atau menjadi camilan dengan cara digoreng. Bagi kalian yang memiliki alergi pada susu sapi dapat mengkonsumsi susu kedelai sebagai pilihan alternatif.

Kacang kedelai memang terkenal sebagai kacang yang gurih dan sangat menyehatkan.

Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan kacang yang memiliki cita rasa yang gurih dan memiliki banyak peminat. Banyak sekali makanan olahan berbahan dasar kacang seperti sambal, selai bahkan jajanan.

Olahan sambal ini biasa digunakan pada makanan pecel, gado – gado, hingga ketoprak. Tidak hanya itu, kacang tanah juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan cara menggorengnya terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai cemilan.

Kacang Mete

Kacang mete memiliki gizi dan cita rasa yang sangat lezat. Oleh karena itu harganya pun juga mahal. Walaupun harganya mahal peminatnya tetaplah banyak.

Kacang mete dapat dikonsumsi secara langsung dengan digoreng saja. Akan tetapi tak jarang juga dicampurkan pada olahan kue atau coklat agar cita rasa makanan tersebut lebih kaya.

Kacang Hijau

Seperti namanya, kacang ini memang berwarna hijau dan memiliki ukuran yang kecil. Cita rasa yang dihasilkan dari kacang hijau ini adalah rasa legit. Kepopuleran kacang hijau sudah merambah ke seluruh lapisan kehidupan masyarakat.

Biasanya kacang hijau ini diolah menjadi bubur, kolak, onde – onde, hingga bakpia.

Kacang Merah

Yap ! seperti namanya, kacang ini memiliki warna merah yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, vitamin, hingga mineral yang sangat baik bagi tubuh.

Kacang ini sangat cocok dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyehatkan janin. Biasanya bisa diolah menjadi isian roti atau dessert lainnya.

Kacang Kenari

Kacang kenari merupakan kacang yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Kacang ini mengandung omega – 3, dan zat antioksidan yang sangat berguna untuk mengobati dan mencegah penyakit kolesterol, kanker, stress oksidatif, diabetes, hingga alzhemeir.

Kemiri

Kemiri merupakan salah satu biji – bijian yang masuk dalam kategori kacang – kacangan yang eksistensinya sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dahulu.

Kemiri biasa digunakan sebagai bahan bumbu pada masakan. Zat yang terkandung di dalamnya sangat banyak vitamin E sehingga sangat baik bagi nutrisi kulit, mengurangi risiko penyakit kolesterol hingga alzheimer.

Kacang Tolo

Kacang tolo merupakan kacang yang biasa dikonsumsi secara langsung. Ciri khas dari kacang ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan kacang hijau dan kacang kedelai, akan tetapi warnanya lebih kecoklatan.

Cita rasa yang dihasilkan oleh kacang ini adalah kenyal. Padat dan gurih. Biasanya kacang ini diolah menjadi sayur tradisional seperti sayur brongkos atau krecek.

Kacang Koro

Kacang koro merupakan kacang yang memiliki ciri berbentuk melengkung yang memanjang dan memiliki warna biji yang beragam dari putih hingga pink kecoklatan.

Kacang ini memiliki berbagai jenis, akan tetapi yang sangat populer adalah jenis koro pedang. Kacang ini juga bisa digunakan sebagai alternatif pengganti kacang kedelai. Kacang ini sangat populer di kalangan masyarakat apabila diolah menjadi camilan.

Kacang Polong

Kacang polong merupakan kacang yang biasa dikonsumsi dalam bentuk makanan. Biasanya kacang ini dimasukkan dan menjadi komponen isi dari masakan sup atau tumis.

Bagian yang bisa dimakan adalah bagian isi atau bijinya. Cita rasa yang dihasilkan adalah renyah dan gurih.

Jenis kacang pada artikel ini semoga dapat menambah wawasan mengenai kacang yang beredar dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Diharapkan setelah membaca artikel ini dapat menambah referensi dalam mencari bahan makanan atau camilan yang sehat. Jangan lupa konsumsi juga sayur – sayuran dan buah – buahan agar gizi yang didapatkan seimbang. Salam sehat !

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *