Pilihan Jajanan Pasar Kekinian Yang Lezat

Jajanan Pasar

Setiap orang pasti menyukai dunia kuliner seperti membeli jajanan pasar kekinian yang cukup digemari dan terus berkembang. Setiap daerah pastinya memiliki jajanan spesial yang tentunya menjadi hal unik. Sudah lumrah bila jajanan yang viral di suatu daerah mampu dengan mudah tersebar di daerah lain.

Hal itu karena kemajuan teknologi seperti media sosial tentu menjadikan informasi sangat mudah tersebar dan didapatkan. Itulah salah satu alasan mengapa setiap pedagang selalu memodifikasi menu dan menghasilkan sesuatu yang baru agar cepat viral dan tersebar.

Beberapa Jajanan Pasar Kekinian

Terkadang saat ini orang- orang lebih mengutamakan tampilan sebuah jajanan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kebiasaan bermedia sosial. Sehingga para pedagang atau owner makanan selalu membuat makanan tersebut lebih menggiurkan.

Jajanan Pasar

Namun tentu saja sebuah cita rasa akan membuat makanan tersebut memiliki penggemarnya. Sehingga makanan yang cepat terkenal tentu tidak hanya mengutamakan tampilan saja, melainkan kualitas cita rasa.

Berikut adalah beberapa jajanan pasar unik yang perlu diketahui:

1. Banana Cotton Cake

Bila kita pernah melihat kue bolu jepang yang terlihat lembut, maka kini adaptasinya semakin menarik. Contohnya Banana Cotton Cake yang terlihat sangat menawan dan juga mengundang selera. Tentu saja kue ini terlihat seperti sebuah pisang, karena bentuk kue ini memang dibentuk dan diwarnai demikian.

Namun ketika kita memakannya maka kita akan meyakini bahwa ini adalah kue bolu dengan rasa yang enak dan nikmat. Karena kelembutannya dan teksturnya Cotton Cake adalah bolu biasa yang dapat dijumpai di sebuah toko kue di pasar.

2. Cireng Mozzarella

Cireng adalah singkatan dari adonan Aci yang digoreng. Cireng ini adalah makanan khas Jawa Barat yang mungkin sudah ada pada zaman dulu. Apalagi pembuatan Cireng ini tergolong simpel, sebanding dengan modalnya yang murah.

Sehingga sudah sewajarnya bila makanan ini dinamakan jajanan pasar tradisional dengan harga yang murah pula. Seiring kemajuan inovasi para pedagang membuat Cireng kekinian yang mampu dibanderol dengan harga cukup mahal. Hal itu karena Cireng ini dapat dipadupadankan dengan isian toping yang menarik, contohnya isian mozzarella atau daging.

Karena rasanya cukup spesial maka tidak jarang para pedagang mengkhususkan jajanan ini. Sehingga yang dulu Cireng itu menyatu dengan gorengan, kini Cireng isi Mozzarella kerap dijual khusus oleh pedagang- pedagang Cireng isi.

3. Cakue dan Odading

Pastinya di tahun 2020 orang- orang mengetahui kue tradisional jajanan pasar ini. Pasalnya Odading yang ternyata merupakan jajanan khas Bandung Jawa Barat tersebut, sempat viral karena aksi jenaka seseorang di media sosial. Hal yang viral tersebut sempat diapresiasi oleh Gubernur Jawa Barat.

Oleh karena itu jajanan tradisional ini mendadak menjadi jajanan kekinian yang dikonsumsi untuk mendongkrak media sosial seseorang. Padahal Odading ini adalah camilan standar yang mungkin dapat ditemui di setiap kota. Tapi tetap saja rasa dari camilan ini akan membuat kita bernostalgia akan rasanya apalagi dengan kota Bandung.

Biasanya penjual Odading akan menjual juga camilan lain yaitu Cakue. Cakue dan Odading merupakan camilan yang berbeda. Karena Kue Odading merupakan kue yang manis, sedangkan Cakue merupakan kue tradisional Cina yang memiliki tekstur asin.

4. Dadar Gulung Aneka Rasa

Dadar Gulung atau disingkat Darlung merupakan sebuah jajanan kue tradisional yang identik dengan rasa manis. Mungkin kita beranggapan bahwa rasanya asing karena namanya mirip dengan telur dadar.

Meskipun begitu dadar di sini diidentikkan dengan proses membalut kue seperti layaknya telur dadar. Namun tetap saja rasa dominan dari dadar gulung ini adalah manis. Zaman dahulu jajanan ini adalah jajanan standar dengan rasa khas gula merah dan kelapa.

Bentuknya yang simpel dan memiliki warna hijau, membuat kue Dadar gulung memiliki ciri khas tersendiri. Berkembangnya inovasi kue jajanan pasar ini disulap dengan beraneka ragam rasa yang kekinian.

Tentu saja kue ini dapat dibanderol dengan harga yang cukup tinggi bila varian rasanya sudah berubah. Karena menjamurnya para pedagang Dadar Gulung kekinian, kue ini menjadi jajanan pasar yang cukup dicari banyak orang.

5. Risol Smoke Beef

Bila mendengar namanya saja camilan Risoles ini sudah diidentikan dengan camilan pasar murah. Sejak zaman dahulu saja makanan ini merupakan makanan favorit orang banyak. Selain rasanya yang gurih, bentuk dari Risoles yang dibalut tepung roti selalu menggugah selera.

Makan ini pada awalnya dipopulerkan oleh koki- koki asal Amerika saat zaman perang dunia. Sehingga di negara asalnya Amerika, makanan ini masih diberi nama dengan nama Risoles. Zaman dahulu Risoles ini memiliki isian yang mewah seperti isian daging yang banyak.

Sangat wajar karena orang Amerika terbiasa memakan daging sapi sampai daging babi. Tentunya modifikasi yang dilakukan di Indonesia bertujuan untuk menekan biaya produksi, sehingga Risoles yang menjadi jajanan pasar biasa diisi oleh sayuran seperti jagung atau kacang polong.

Namun belakangan ini makanan yang sudah menjadi ciri khas jajanan pasar menjadi naik daun. Sebab ternyata banyak pedagang yang mengemas Risoles menjadi Risoles yang diisikan oleh daging. Seperti kembali ke bentuk awalnya, Risoles kekinian diisikan daging asap yang disebut Risoles Smoke Beef.

Dengan adanya makanan yang dimodifikasi menjadi kekinian, tentu akan menambah cita rasa yang unik untuk dinikmati. Maka jangan meremehkan camilan tradisional, karena siapa tahu makanan tersebut dapat menjadi jajanan pasar kekinian yang banyak digemari.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *