Pesona Gunung dengan Sunrise Terbaik di Indonesia

Gunung dengan Sunrise Terbaik

Gunung dengan sunrise terbaik adalah tempat yang wajib dikunjungi, khususnya bagi orang yang menyukai olah raga mendaki. Indonesia memiliki kurang lebih 127 gunung merapi aktif yang bisa menjadi destinasi wisata untuk melakukan pendakian.

Diantara ratusan gunung yang ada di Indonesia, beberapa memiliki keindahan yang luar biasa, sehingga membuat pendaki tidak rugi saat mengunjunginya.

Gunung Bongkok merupakan salah satu tempat yang dapat membuat wisatawan menikmati indahnya sunrise hanya dalam waktu kurang lebih 1,5 jam. Tidak perlu memakan banyak waktu, destinasi wisata ini bisa membawa wisatawan melihat sunrise.

Sebelum matahari terbit, wisatawan bersiap-siap untuk melakukan pendakian ringan menuju puncak Gunung Bongkok dengan ketinggian 975 mdpl. Untuk bisa menikmati sunrise, wisatawan harus menapak di puncak datar.

Meski pendakian Gunung Bongkok merupakan pendakian ringan, wisatawan harus tetap berhati-hati, apalagi saat berada di puncak datar, karena lokasi puncak datar terbilang curam dan kedua sisi gunung berhadapan langsung dengan jurang.

Selain puncak datar, Gunung Bongkok memiliki puncak lain yang disebut Watu Tumpang. Puncak ini merupakan tempat tertinggi di Gunung Bongkok, sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan waduk Jatiluhur dan Kota Purwakarta yang menawan.

Sebelum melihat keindahan sunrise di Puncak Datar dan pemandangan Waduk Jatiluhur dan Kota Purwakarta yang menawan, wisatawan dapat melakukan kamping di Pos Munclu. Tempat ini bisa digunakan wisatawan untuk mendirikan tenda dan bermalam sebelum melihat sunrise.

Gunung dengan Sunrise Terbaik

Gunung dengan Sunrise Terbaik

Jawa memiliki beberapa gunung yang bisa jadi tempat wisatawan menikmati keindahan sunrise. Gunung-gunung tersebut memiliki tingkat kesulitan pendakiannya masing-masing, sehingga wisatawan dapat menyesuaikan kemampuan mendakinya saat berkunjung untuk melihat keindahan sunrise.

Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Terletak di Magelang dan Boyolali, Gunung Merbabu sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat menjelang sunrise. Gunung ini memiliki ketinggian 3.142 mdpl dan merupakan gunung api tua yang berdekatan dengan Gunung Merapi.

Terdapat 4 jalur alternatif yang digunakan untuk mendaki, yaitu Selo, Wekas, Cunthel, dan Thekelan. Setiap jalur memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, namun tujuannya tetap sama, yakni di puncak.

Selain jalur, Gunung Merbabu juga memiliki beberapa puncak dengan keindahan panorama yang berbeda dan sangat dikagumi oleh wisatawan.

Dari puncak Kenteng Songo dengan ketinggian 3.142 mdpl, wisatawan juga dapat melihat batu kenteng berlubang yang berjumlah 9 buah dan dipercaya merupakan batu keramat oleh masyarakat setempat.

Dari puncak Gunung Merbabu, wisatawan disuguhkan tidak hanya keindahan sunrise, tetapi juga lautan awan, dan jajaran puncak gunung lainnya yang berdekatan dengan Gunung Merbabu, seperti Gunung Sindoro, Merapi, Lawu, Sumbing, dan sebagainya.

Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung yang sempat menjadi tempat syuting film 5cm ini berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, Semeru merupakan salah satu gunung yang terkenal dan menjadi destinasi favorit bagi para pendaki maupun wisatawan.

Ketinggiannya mencapai 3.676 mdpl, membuat berbagai pemandangan indah dapat terlihat di atas Puncak Mahameru. Namun, apabila terdapat wisatawan yang tidak kuat untuk mendaki Puncak Mahameru, maka Ranu Kombolo juga bisa menjadi tempat untuk melihat keindahan sunrise.

Ranu Kombolo adalah danau yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl, sebelum mendaki Puncak Mahameru, wisatawan biasa akan singgah di danau yang indah ini.

Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen terletak di Kota Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh gunung-gunung lainnya. Keunikan itu adalah api abadi yang hanya ada dua di dunia.

Pada pukul 03.00 pagi, wisatawan dapat menikmati keindahan Api Abadi. Setelah itu, wisatawan dapat menikmati sunrise, karena Gunung Ijen juga disebut sebagai spot yang tepat untuk melihat sunrise.

Gunung Slamet, Jawa Tengah

Dengan ketinggian 3.428 mdpl, wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise melalui Puncak Gunung Slamet yang berada di antara 5 Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang.

Gunung ini memiliki jalur pendakian yang sulit, namun termasuk dalam destinasi pendakian yang populer. Sehingga, bagi wisatawan yang belum memiliki pengalaman untuk mendaki, disarankan mendaki bersama partner yang lebih professional.

Gunung Prau, Jawa Tengah

Prau merupakan salah satu gunung yang memiliki posisi berdekatan dengan Gunung Merbabu. Ketika wisatawan mendaki Gunung Prau, maka akan terlihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan.

Pemandangan itu dapat dilihat dari ketinggian 2.565 mdpl, sehingga menjadi destinasi yang tepat untuk menikmati keindahan pemandangan sunrise.

Terdapat dua jalur utama untuk pendakian, yaitu jalur selatan dan jalur utara. Rute melalui jalur utara untuk mencapai puncak cukup terjal dengan waktu yang dibutuhkan cukup lama, sekitar enam jam perjalanan.

Sedangkan untuk jalur selatan, jalur ini tidak menghabiskan banyak waktu seperti ketika melewati jalur utara. Cukup membutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan, dengan dimulai dari Desa Patak Banteng yang berada di dekat pintu masuk Dieng.

Baca Juga: Gunung Untuk Pendaki Pemula

Gunung Cikuray, Jawa Barat

Memiliki ketinggian 2.821 mdpl, Gunung ini terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Cikuray tidak memiliki kawah aktif dan termasuk dalam empat gunung tertinggi di Jawa Barat, setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede.

Bagi para wisatawan yang ingin mengeksplor Gunung di Jawa Barat, Cikuray cocok direkomendasikan sebagai gunung dengan sunrise terbaik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *