Pengertian dan Contoh Industri Kecil

contoh industri kecil

Contoh Industri Kecil – Industri kecil yang hadir di masyarakat saat ini menjadi roda penggerak perekonomian di Indonesia. Lebih dari 60% nilai barang dan juga jasa yang diproduksi berasal dari industri kecil.

Industri kecil termasuk ke dalam usaha mikro, dimana usaha ini merupakaan usaha produktif yang memiliki aset tidak lebih dari 50 juta dengan omzet maksimalnya sebesar 300 juta.

Saat ini ada banyak sekali ide industri kecil yang bisa menjadi referensi bagi para pelaku usaha. Industri kecil memang tidak memerlukan modal yang besar sehingga bisa dilakukan oleh kalangan menengah ke atas.

Selain itu, industri kecil juga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Bahkan banyak industri kecil yang hanya dikerjakan seorang diri ataupun menjadikan orang terdekat sebagai tenaga kerja tambahan.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi contoh industri kecil untuk ide usaha Anda, di bawah ini adalah berbagai macam contoh industri kecil yang bisa menjadi piilihan.

1. Fashion

contoh industri kecil
behijab.com

Fashion adalah contoh industri kecil yang paling banyak diminati. Hal ini karena usaha dibidang pakaian tidak pernah lekang oleh waktu.

Bahkan kini Anda bisa memulai usaha fashion secara online mengingat masyarakat Indonesia sekarang lebih memilih untuk belanja online.

Adapun luang lingkup industri fashion ini sangatlah luas. Anda bisa menjual baju, celana, sepatu, maupun aksesoris.

Jika Anda memilik passion dalam bidang ini, maka jangan ragu lagi membuka usaha industri fashion karena omzetnya sangat menggiurkan.

2. Kosmetik dan Skincare

Industri kosmetik dan skincare di Indonesia mempunyai prospek yang mumpuni di masa depan. Oleh karena itulah, banyak orang yang tertarik untuk membangun usaha dibidang ini.

pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia terus mengalami kenaikan sejak tahun 2017 dan didominasi oleh industri kecil hingga menengah.

Apalagi saat ini pasar kosmetik dan skincare tidak hanya mengincar target perempuan, tetapi juga laki-laki. Hal inilah yang membuat peluang usaha di industri kosmetik dan skincare tidak pernah mati.

3. Perlengkapan Bayi

Industri Perlengkapan Bayi
pinterest.com

Contoh industri kecil yang satu ini memang terkesan biasa aja. Akan tetapi, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Sigma Research Indonesia, industri perlengkapan bayi memiliki nilai hingga 88,1 triliun di tahun 2017.

Melihat hal tersebut, tentu memulai usaha perlengkapan bayi memiliki peluang yang besar. Anda bisa mencoba untuk menjadi reseller berbagai produk bayi, seperti botol susu, pakaian, mainan bayi, dan juga perlengkapan mandi bayi.

4. MUA (Make Up Artist)

Jika Anda memiliki kemampuan make up yang mumpuni dan sudah bersertifikasi, Anda bisa membuka usaha jasa MUA.

Beberapa tahun belakangan ini sedang popular karena banyak dicari untuk keperluan berbagai macam event, seperti pernikahan, lamaran, wisuda, photoshoot, san sebagainya.

Anda juga dapat membuka kelas kursus make up untuk mengembangkan usaha MUA ini. namun, pastikan anda sudah terdaftar dalam direktori make up artist, ya.

5. Kuliner

Usaha kuliner adalah contoh industri kecil yang tidak akan mati. Apalagi usaha kuliner di Indonesia merupakan salah satu penyumbang PDB ekonomi kreatif terbesar.

Industri kuliner semakin berjaya berkat adanya layanan antar makanan secara online. Dengan memanfaatkan layanan ini, maka Anda akan lebih mudah membangun usaha kuliner.

Demikian pengertian dan berbagai macam contoh industri kecil yang bisa menjadi inspirasi. Anda harus pandai melihat peluang di lingkungan sekitar agar mampu membangun usaha kecil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Itu tadi pengertian dan Contoh Industri Kecil, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel terbaru kami tentang contoh laporan kunjungan industri. Terimakasih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *