Budidaya Pohon Kacang Almond Sendiri di Rumah

Pohon Kacang Almond

Pohon kacang almond merupakan salah satu jenis tanaman yang asal muasalnya dari Timur Tengah. Ternyata tumbuhan ini pada dasarnya bukanlah tanaman kacang, melainkan tanaman buah berbiji. Tanaman almond yang sudah tumbuh dewasa akan menghasilkan buah almond yang kemudian diolah menjadi berbagai produk.

Cita rasa buah almond sangatlah khas sehingga sering dijadikan sebagai bahan tambahan dalam olahan makanan sehingga rasanya menjadi lebih lezat. Selain memiliki rasa yang lezat kacang almond ternyata juga sangat baik dikonsumsi karena memberikan efek positif bagi tubuh. Karena memiliki banyak sekali khasiat, tidak heran apabila banyak orang yang berminat untuk menanam tanaman kacang almond. Tidak sedikit juga orang yang menanam tanaman kacang almond untuk budidaya dalam jumlah yang besar.

Menanam Pohon Kacang Almond Semakin Banyak

Pohon Kacang Almond

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali orang yang membutuhkan kacang almond untuk dikonsumsi dengan berbagai tujuan. Buah almond memiliki kandungan minyak yang sering disebut sebagai minyak almond. Selain itu, jenis kacang ini juga mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang sangat kompleks sehingga setiap orang dianjurkan mengonsumsinya. Apabila kacang almond dikonsumsi dengan teratur maka kadar kolesterol darah bisa berkurang. Bahkan saat ini kebutuhan akan kacang almond semakin meningkat, sehingga banyak orang yang berminat untuk budidaya tanaman almond karena berpotensi menguntungkan.

Tanaman Kacang Almond Populer Sejak Zaman Dahulu

Pada 4000 SM, banyak orang yang membudidayakan tanaman kacang almond khususnya orang-orang dari Timur Tengah dan Asia Tengah. Tanaman ini kemudian diperkenalkan ke California dan banyak digunakan untuk campuran berbagai olahan makanan seperti permen, pembuatan minyak, dan lain sebagainya. Buah dari pohon almond juga dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit fisik dan pada zaman dahulu sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional mulai dari penyakit bisul hingga penyakit kanker.

Seiring berjalannya waktu, tumbuhan kacang almond ini tumbuh dan berkembang di berbagai negara di dunia. Saat ini, daerah California Amerika Serikat merupakan daerah penghasil kacang almond terbesar di dunia. Produksi kacang almond meningkat menjadi 3,2 juta ton pada tahun 2018, di mana produksi almond dunia di Amerika meningkat 45 persen dari volume tahun sebelumnya. Meskipun kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan, tetapi siapa sangka bahwa ada lebih dari 30 varietas almond yang ada. Tumbuhan almond yang ada di California merupakan varietas Nonpareil, Mission, dan California. Perlu diketahui bahwa varietas yang paling populer di pasaran adalah Nonpareil karena memiliki cangkang tipis, halus, dan lebih bebas noda, sehingga pemrosesannya pun lebih mudah.

Menanam Tumbuhan Almond di Rumah

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kacang almond memang sangat populer dan dikenal sebagai jenis kacang yang memiliki nilai jual tinggi. Lalu bagaimana cara untuk menanam tanaman kacang almond di area rumah? Apa sajakah yang perlu diketahui untuk persiapan menanam tumbuhan almond? Berikut ini merupakan ulasan singkat terkait dengan penanaman tumbuhan kacang almond.

Lahan Untuk Tumbuhan Kacang Almond

Saat ini untuk menanam pohon almond tidak membutuhkan lahan yang luas, karena bisa memanfaatkan lahan yang ada di area sekitar rumah. Namun perlu diketahui bahwa tanaman kacang almond tidak tumbuh pada tanah yang memiliki tekstur terlalu basah. Tumbuhan ini sangat rentan terhadap embun yang beku pada musim semi.

Di Indonesia tidak terdapat musim semi, jadi kemungkinan hal ini masih dapat diatasi. Pohon almond akan lebih tumbuh subur pada musim dingin, sehingga pada dasarnya wilayah di Indonesia bukan merupakan area yang cocok untuk ditumbuhi tumbuhan kacang almond, karena beriklim tropis. Tidak perlu khawatir, meskipun demikian tumbuhan almond juga sangat tumbuh subur di kondisi yang panas, yang suhunya kering di bawah sinar matahari secara langsung.

 Memang jika dilihat secara keseluruhan, tumbuhan kacang almond cenderung sulit tumbuh dengan baik di wilayah Indonesia. Namun bukan berarti tanaman ini tidak dapat dibudidayakan dan tumbuh, karena dengan mengolah lahan yang baik maka bisa menanam tanaman almond ini.

Membutuhkan Penyerbukan Silang

Perlu diketahui bahwa meskipun ada lebih dari 30 varietas almond, nyatanya varietas pohon almond yang dapat tumbuh subur sendiri sangatlah sedikit. Biasanya pohon almond akan tumbuh dengan baik ketika dilakukan Penyerbukan silang sehingga bisa lebih mudah untuk memproduksi buah. Jadi setidaknya harus menanam 2 pohon almond untuk bisa mendapatkan tumbuhan almond dan produksi kacang almond yang optimal. Untuk lebih mudah untuk menanam pohon almond, maka bisa menanam dua varietas pohon almond yang berbeda pada lubang yang sama. Seiring berjalannya waktu, kedua tumbuhan alamat tersebut akan tumbuh bersama dan saling terjalin, di mana hal ini dapat memungkinkan terjadinya penyerbukan silang.

Penanaman Tumbuhan Kacang Almond

Untuk menanam pohon almond, dinamakan memilih pohon yang masih muda yang memiliki ranting hijau keunguan karena sinar matahari. Di Indonesia, ada beberapa langkah menanam tumbuhan almond.

  • Biji kacang almond dimasukkan pada plastik ziplock yang telah diberi tisu basah.
  • Ziplock yang berisi benih dimasukkan pada kulkas dalam jangka waktu 12 minggu.
  • Jika sudah 12 minggu biji dikeluarkan dan ditanam pada media tanam dengan kedalaman sekitar 2-3 cm.
  • Siramilah sebanyak 2 kali dalam sehari dan usahakan media tanam tersebut berada di tempat yang terkena cahaya matahari, tetapi masih di tempat yang teduh.

Demikianlah penjelasan terkait dengan pohon kacang almond dan cara penanamannya di Indonesia. Untuk menanam kacang almond bisa dibilang cukup mudah sehingga dapat menjadi peluang usaha budidaya tumbuhan kacang almond. Dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, kacang almond tergolong memiliki produksi yang tidak begitu tinggi, proses pengolahan yang cukup lama, sehingga harganya pun lumayan mahal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *