Bagian – Bagian Power Supply dan Fungsinya

Rangkaian power supply merupakan perangkat yang difungsikan sebagai pengubah arus tegangan bolak balik menjadi arus searah. Dan tentu saja catu daya ini tidak serta merta berdiri sendiri. Karena alat tersebut memang tersusun dari gabungan beberapa komponen sehingga dapat menghasilkan perangkat elektronik dengan fungsi tertentu.

Lalu, apa saja bagian – bagian atau komponen penyusun power supply? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1.  Transformator

Komponen penyusun power supply yang pertama bernama trafo atau transformator. Alur prosesnya yakni tegangan arus AC akan masuk ke trafo. Setelah itu, arus AC inilah nantinya akan diubah menjadi arus DC. Setelah berubah menjadi arus DC, aliran listrik baru bisa digunakan untuk mengoperasikan beragam peralatan elektronik.

Berdasarkan jenisnya, trafo dibedakan menjadi dua yaitu trafo step up dan step down. Namun, penggunaan yang paling umum digunakan biasanya condong pada trafo jenis step down. Dimana jenis ini merupakan transformator yang berfungsi untuk menurunkan tegangan.

2.  Filter

Filter yang terdapat pada alat catu daya biasanya dipasang secara seri dan dibuat dari beberapa buah kapasitor. Kegunaannya adalah untuk meratakan sinyal yang masuk pada catu daya sehingga dapat menghilangkan frekuensi-frekuensi liar yang mengganggu kinerja STMP.

3.  Rectifier

Rectifier dikenal juga sebagai penyearah gelombang. Fungsinya adalah untuk menyerahkan gelombang dan mengubah sinyal AC menjadi tegangan DC. Berdasarkan jenisnya, retcifier dibedakan menjadi dua. Dimana keduanya yaitu power supply fullwave retcifier dan power supply halfwave rectifier.

4.  Dioda

Dioda merupakan salah satu komponen penyusun alat catu daya. Dimana perangkat yang satu ini juga mempunyai fungsi cukup krusial yakni untuk mengatur tingkat kestabilan arus dan tegangan listrik. Dioda ini bisa dikatakan punya andil besar dalam proses pengubahan arus AC menjadi DC.

5.  LED

LED ini merupakan salah satu perangkat yang terbuat dari bahan yang bersifat semi konduktor. Komponen ini juga menjadi bagian yang terpisahkan pada alat catu daya.

6.  IC Regulator

Agar tegangan yang terdapat pada perangkat catu daya tetap stabil. Itulah mengapa tetap  dibutuhkan juga komponen yang bernama IC regulator.

Related Posts

Leave a Reply